Kamis, 21 Maret 2013

khasiat minum yoghurt

Minum Yoghurt, Kenapa Tidak?

Written by Safari Sidakaton

Monday, 25 June 2012

Umumnya yoghurt dibuat menggunakan susu sapi, namun ada beberapa yoghurt juga menggunakan susu kedelai.
Foto : IstimewaFoto : IstimewaNGGAK suka susu tapi suka yoghurt? Nggak apa-apa, tetep baik kok karena yoghurt juga diproduksi dari susu. Seperti diketahui, yoghurt dihasilkan melalui proses fermentasi susu yang mengandung lactobacillus dan bifidobachterium yang merupakan bakteri yang menguntungkan bagi tubuh.
Fermentasi tersebut menghasilkan asam laktat yang bekerja pada protein susu sehingga membuat yoghurt lebih padat serta memiliki tekstur dan aroma yang khas. Umumnya yoghurt dibuat menggunakan susu sapi, namun ada beberapa yoghurt juga menggunakan susu kedelai.


Mengkonsumsi yoghurt membuat kita merasa kenyang karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi. Dan, yoghurt telah dikonsumsi selama lebih dari 4500 tahun karena yoghurt memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.
Foto : IstimewaFoto : IstimewaBeberapa keunggulan yoghurt adalah kaya protein, memiliki kandungan kalsium, riboflavin, vitamin B6 dan vitamin B12. Dengan kandungan tersebut maka yoghurt memiliki nilai plus sebagai makanan yang sehat. Ada beragam manfaat dari mengkonsumsi yoghurt diantaranya adalah dapat menyehatkan pencernaan, membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah terjadinya rapuh tulang (osteoporosis).
Foto : IstimewaFoto : IstimewaManfaat mengkonsumsi yoghurt antara lain:
1.Menyehatkan pencernaan. Berdasarkan hasil penelitian, yoghurt dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti diare, radang usus, kanker usus atau intoleransi laktosa.
2.Mengurangi risiko terjadinya infeksi pada vagina. Wanita yang mengkonsumsi yoghurt dapat mengurangi tingkat keasaman (pH) sehingga dapat mengurangi perkembangan infeksi jamur.
3.Menurunkan risiko darah tinggi. Dengan mengkonsumsi yoghurt 2-3 porsi sehari, dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi.
4.Mencegah osteoporosis. Karena berbahan dasar susu, maka dalam yoghurt mengandung kalsium dan vitamin D. Kedua zat ini dapat membentu seseorang terkena osteoporosis.
5.Membantu kita lebih kenyang. Kandungan kalori yang terdapat dalam yoghurt manjadikan yoghurt makanan yang dapat membantu sesorang merasa lebih kenyang.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar